Tahun (Penting) 2019

Tahun (Penting) 2019-Sudah satu bulan melewati tahun 2019. Semuanya kembali menjalani aktifitas dan resolusi masing-masing. Mungkin resolusi yang belum tercapai di tahun sebelumya akan diperjuangkan tahun ini atau membuat resolusi baru.

Satu hal yang paling penting di tahun penting ini (2019), bangsa Indonesia akan melakukan pemilihan presiden untuk periode 2019-2024. Tidak hanya pemilihan presiden dan wakilnya, akan tetapi memilih anggota DPD, anggota DPR, anggota DPRD Provinsi, anggota DPRD Kabupaten/Kota. Jadi setiap warga yang sudah berhak ikut di dalam pemilu akan menerima lima kertas suara dengan rincian seperti tersebut diatas.

calon presiden 2019
Sumber Foto Situs Resmi pplnmoskow.org

Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden adalah hal yang paling menjadi titik perhatian yang sanga besar bagi (saya) seluruh rakyat Indonesia hingga pelantikan pada bulan Oktober 2019. Melalui usungan masing-masing partai sudah terplilh 2 calon presiden dan wakilnya untuk memimpin Indonesia 5 tahun ke dapan.  Kedua calon tersebut adalah pasangan Joko Widodo dan Kyai Ma’ruf Amin (ditandai dengan nomor urut 01) serta pasangan Prabowo dan Sandiaga Uno (ditandai dengan nomor urut 02).

Untuk melihat dan menilai visi dan misi serta program yang ditawarkan oleh ke dua pasangan calon presiden dan wakil presiden tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengadakan debat yang disiarkan secara langsung oleh televisi Indonesia. Dengan harapan agar masyarakat dapat menentukan siapa yang layak memimpin Indonesia. Berikut Jadwal Debat (Sumber Harian Kompas, Rabu, 2 Januari 2019) lengkap dengan materinya.

  • 17 Januari 2019-Debat pertama dengan materi tentang hukun, HAM, korupsi dan terorisme.

  • 17 Februari 2019-Debat Kedua dengan materi tentang energi pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan infrastruktur.

  • 17 Maret 2019-Debat ketiga dengan materi tentang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan.

  • 30 Maret 2019-Debat keempat dengan materi ideology, pemerintahan, keamanan dan kebudayaan.
  • 17 April 2019 Sebagai agenda puncak bangsa Indonesia adalah pemungutan dan penghitungan suara di TPS dalam negeri.

Baca  Stop Phubbing

Untuk masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri pemungutan suara akan diselenggarakan dari tanggal 8 sampai dengan 14 April 2019. Penghitungan suara TPS di luar negeri dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019. Gunakanlah hak pilih yang ada dengan sebaik mungkin meskipun golput juga menjadi hak setiap manusia.

Tags: , , , , ,
Previous Post

Mengukur Kedalaman Rasa NKRI

Next Post

Stop Phubbing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.