Mengukur Kedalaman Rasa NKRI

buku mardigu wowiek p
Hard Cover Buku Mardigu WP

Judul Buku          : Mana NKRI – Mu Bung ?

Penulis                 : Mardigu WP

Penerbit              : Empora Gaharu, 2018

Tebal                     : viii + 264 halaman

Judul buku ini diawali dengan kalimat tanya. Menyinggung dan ingin mengetahui seberapa dalam rasa cinta terhadap tanah air. Buku ini terbagi ke dalam 5 bab. Bab I membahas mengenai Geopolitik, bab 2 membahas Geostrategi, bab 3 membahas Geoekonomi, bab 4 membahas Geomiliter dan bab 5 membahas mengenenai refleksi.

Pada bagian pendahuluan penulis menjelaskan betapa pentingnya memahami keilmuan geopolitik dan geostrategic. Jangan meihat Indonesia sebagai Negara yang tidak membutuhkan dengara lain. Namun jangan pula kita sampai diperbudak atas nama pelintiran “kebutuhan negara” ujarnya.

Secara keseluruhan, buku ini banyak menyampaikan kritik kepada pemerintah saat ini. Kritik yang disampaikan dibarengi dengan solusi pemecahan masalah menurut sudut pandang penulis. Tidak jarang juga di akhir tulisan penulis mempertanyakan sesuatu untuk memancing bahkan mengusik pemahaman pembaca.

Latar belakang penulis sangat mendukung untuk menulis buku ini. Selain sebagai seorang yang mengelola banyak bisnis menurut pengakuannya sendiri bahwa beliau adalah pengajar di Lemhanas.

Membaca buku ini akan merasakan bahwa nuansa politik sangat terasa saat membaca keseluruhan isinya. Apalagi buku tersebut terbit dan dipasarkan pada saat kondisi seperti ini. Dimana tahun 2019 ini adalah pemilihan presiden dalam waktu dekat.

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan buku ini terletak pada gaya penulisan. Setiap bab diurai secara jelas dan tersusun dengan rapi. Pada saat membaca seperti diajak menyelami ide, gagasan dan kritik penulis terhadap pemerintahan yang sekarang ini. Profesi penulis menjadi latar belakang yang sangat kuat. Penulis memaparkan dengan bahasa yang mudah dipahami. Dibalut dengan hard cover dan penjilidan yang bagus, buku ini nyaman dibaca dan tidak terlalu berat dipegang.

Baca  Buku "Kepepet Trading Forex"

Kekurangan buku tersebut adalah terlalu provokatif. Pasti banyak pihak yang tersinggung dengan kehadiran buku ini. Memutar balikkan pemikiran yang selama ini dianggap benar namun belum tentu benar ditinjau dari sudut pandang penulis.

Pada akhirnya, buku ini hadir sebagai suplemen bagi generasi penerus untuk memimpin bangsa ini.

Tags: , ,
 
Next Post

Tahun (Penting) 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.