6 Cara Praktis Untuk Menghindari Kondisi Keuangan yang Buruk

Kondisi keuangan yang sangat umum terjadi di dalam kehidupan sehari-hari adalah bokek. Pertolongan pertama pada pinjaman sangat diharapkan untuk menutup biaya operasional. Menghubungi teman dekat, teman jauh, sanak saudara dan handai taulan semuanya dilakukan dengan berharap segera mendapat pinjaman.

cara mengatur keuangan
Sumber Gambar kompasiana.com

Menyesal kemudian tiada berguna, begitu kata-kata bijak yang sering di dengar. Akan tetapi sekalipun menyesal masih ada gunanya sebagai perlajaran agar tidak terulang lagi. Berikut dijelaskan beberapa langkah yang dapat dijadikan pertimbangan untuk menghindari kondisi keuangan yang buruk.

  • Hindari terlalu banyak menggunakan kartu kredit

Manfaat kemudahan dalam berbelanja dengan menggunakan kartu kredit langsung dapat dirasakan saat kartu tersebut sudah diaktifkan. Tawaran potongan harga yang menggiurkan akan selalu mengiringi saat kartu tersebut digunakan untuk berbelanja. Terkesan tidak ada kekurangan uang tunai saat berbelanja dengan kartu kredit karena penagihan pembayaran tidak pada saat itu juga, melainkan akan ditagihkan pada bulan berikutnya.

Tidak jarang semua kemudahan tersebut membuat rasa ketagihan dan ingin memiliki lebih dari satu kartu kredit. Tidak disiplin atau lalai dalam membayar tagihan adalah langkah awal keterpurukan. Tagihan bulanan semakin naik jika hanya melakukan pembayaran sebesar minimum payment. Bunga yang dibebankan terhadap kartu kredit akan meningkat dan mulai terjebak ke dalam hutang kartu kredit.

Pergunakanlah kartu kredit seara bijak. Harus disadari kartu kredit adalah sebagai sarana pembayaran bukan untuk sarana berhutang.

  • Jangan menghamburkan uang

Perilaku sehari-hari tanpa disadari ikut menjadi faktor buruknya keuangan seseorang.  Misalkan selalu membeli barang-barang bermerek, Hampir setiap saat makan ditempat-tempat mewah yang selalu menjadi bahan pembicaraan netizen, minum kopi dan nongkrong di tempat-tempat mahal. Menahan diri sesaat sebelum memutuskan suatu tindakan untuk membelanjakan uang adalah langkah bijak.

  • Tidak disiplin menabung
Baca  Cerita Subuh

Mulailah merencanakan menabung. Sisihkan uang untuk disimpan setiap akhir bulan. Meskipun sedikit jika rutin dilakukan akan menghasilkan jumlah yang banyak. Tabungan sangat berguna sekali di saat kondisi keuangan buruk. Selain itu dapat digunakan jika ada kebutuhan yang sangat mendesak.

  • Jauhi keinginan membeli barang  yang tidak mampu dibeli

Kendalikan diri sesaat. Pikirkan sebaik mungkin apakah barang yang diinginkan mampu dibeli dangan cara dibayar tunai. Seandainya tidak bisa dibeli tunai apakah  saat mencicil tidak mengganggu kebutuhan yang lain?

  • Jangan menghabiskan lebih banyak dari yang didapat

Besar pasak dari pada tiang. Ungkapan tersebut masih sesuai dengan kondisi saat ini. Hindari hal tersebut. Sebisa mungkin jangan mulai berhutang untuk hal-hal yang tidak mendesak dan penting.

  • Tidak membuat budget

Setiap bulan harus membuat budget. Langkah ini ditempuh untuk menghindari besarnya pengeluaran dari pada pendapatan. Keuntungan membuat budget bulanan agar dapat melakukan kontrol yang ketat terhadap penghasilan yang diperoleh. Selain itu dapat melihat beberapa pos pengeluaran yang tidak diperlukan sehingga bisa menabung.

Tags: , , , ,
Previous Post

Kolam Renang Selayang Medan

Next Post

Stop Phubbing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.